Where Are You? I find you!


Lokasi yang pernah mengunjungi
Wherever you are, Thanks for visit and attention :-)

Senin, 05 Juli 2010

KONSEP JARINGAN KOMPUTER

Pengantar Jaringan Komputer
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang sangat pesat saat sekarang ini, tidak terlepas dari peran teknologi jaringan komputer.
Internet misalnya, merupakan salah satu contoh nyata dari implementasi teknologi jaringan komputer. Dengan internet, distribusi informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa terkendala dengan jarak, batasan negara dan lain-lain. Orang yang berada di indonesia dapat dengan mudah bertukar informasi, berkomunikasi, ataupun berbicara dengan orang yang berada di amerika, atau dibelahan dunia yang lain.
Sebelum teknologi jaringan komputer berkembang seperti sekarang ini, untuk mendistribusikan informasi dari satu titik ke titik lain, harus dilakukan dengan manual (melalui jasa kurir). Dengan adanya jaringan komputer, permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik, mudah dan relatif aman.
Sebenarnya, kebutuhan akan jaringan komputer didasari atas perlunya berbabagi data dan sumber daya komputer antara satu bagian ke bagian lain.
Saat sekarang ini, teknologi jaringan komputer sudah berkembang dengan sangat pesat. Yang awalnya, kita hanya mengenal jaringan kabel, saat ini kita sudah beri jaringan tanpa kabel (Wi fi), Wimax dan lain-lain.

Prinsip Jaringan Komputer
Prinsip dasar jaringan komputer (computer network) adalah komunikasi antara dua komputer atau lebih, melalui suatu media tertentu dan dengan aturan tertentu.
Yang dimaksud komunikasi disini meliputi antara lain, proses mengirim data dari pengirim ke penerima, berbagai sumber daya komputer, mengirim pesan dan lain-lain.
Agar dua komputer dapat saling berkomunikasi, harus ada aturan (protocol) yang mengatur agar komunikasi dapat saling dimengerti. Kalau ada komunikasi, tapi tidak saling dimengerti artinya sama saja dengan tidak ada komunikasi.
Dalam melakukan komunikasi, diperlukan suatu media komunikasi yang berguna menghubungkan beberapa komputer sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik. Media yang umum digunakan adalah kabel, gelombang radio dan lain-lain.
Secara umum, tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah untuk berbagai pakai data, informasi dan sumber daya komputer (printer, hard disk dll) antara satu pengguna dengan pengguna yang lain.
Jaringan komputer telah terbukti mendatangkan banyak keuntungan dan efisiensi pada semua bidang kehidupan. Walaupun tidak menutup kelemahan-kelemahan yang terjadi, misalkan masalah keamanan. Masing-masing komputer terhubung ke jaringan (HUB) melalui media kabel. Semua jaringan diatas, dihubungkan dengan satu server.

Definisi Jaringan Komputer
Definisi jaringan komputer adalah :
“Prosedur beserta berbagai metode teknis untuk saling menghubungkan berbagai alat dan sumber daya komputer yang ada (interkoneksi), sehingga dapat saling bertukar data dan informasi, dengan menggunakan sumber daya jaringan yang ada secara bersama-sama”.
Definisi lain tentang jaringan komputer (computer network) adalah :
“Sekumpulan komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain melalui suatu media komunikasi tertentu dan aturan tertentu, sehingga masing-masing komputer dapat saling berkomunikasi”.
Berdasarkan definisi diatas, syarat suatu jaringan adalah :
1. Komputer yang digunakan lebih dari satu (minimal 2).
2. Masing-masing komputer dihubungkan melalui suatu media tertentu (misal:
kabel, gelombang dan lain-lain).
3. Terjadi komunikasi antar masing-masing komputer anggota jaringan komputer.
4. Ada aturan yang mengatur (protocol), sehingga perbedaan hardware, sistem operasi tidak menjadi penghalang untuk terjadinya komunikasi dalam jaringan komputer.
Yang dimaksud komunikasi dalam jaringan komputer adalah masing-masing komputer dalam jaringan dapat saling mengirim dan berbagai sumber daya komputer dengan komputer yang lain.
Manfaat Jaringan Komputer
Saat ini, penggunaan jaringan dalam suatu instansi/perusahaan sudah menjadi suatu keharusan. Ada banyak manfaat yang diperoleh suatu perusahaan dengan diimplementasikannya jaringan komputer.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penerapan jaringan komputer :
1. Berbagi pakai (Sharing) sumber daya komputer
Jaringan komputer memungkinkan penggunaan bersama suatu sumber daya komputer (resource) seperti printer, hard disk, CDRom, dan hardware yang lain. Selain itu, dapat juga dilakukan sharing perangkat lunak (software) seperti: Aplikasi, software database, dan lain-lain.
Dengan dapat dilakukannya sharing sumber daya komputer, akan berakibat penuruan biaya dan kemudahan dalam berkomunikasi.

2.Berbagi pakai (sharing) file dan informasi.
Selain dapat melakukan sharing sumber daya komputer, dalam jaringan komputer memungkin pengguna untuk bagi pakai file, data dan informasi dengan cepat dan mudah.
Misal: pengguna A yang bekerja dilantai 1 dapat meminta file yang dikerjakan oleh pengguna B yang berada di lantai 10, dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Apa yang terjadi jika tidak ada jaringan??.
3. Integrasi Data
Jaringan komputer memungkinkan integrasi data dari berbagai komputer yang terpisah, ke dalam pusat pengolahan data sehingga memudahkan pengambil keputusan untuk memperoleh informasi yang lengkap, akurat dan tepat.
4. Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pemakai, baik melalui direct PC, email, FTP, Telnet, message dan lain-lain. Dalam hal ini, jaringan komputer dapat berfungsi sebagai alat komunikasi yang efektif baik dalam lingkungan terbatas (private) maupun global (internet).
5. Keamanan data
Jaringan komputer dapat melindungi data yang terpusat pada server dengan baik, karena sistem operasi jaringan telah didesain secara khusus agar dapat melakukan pengamanan terhadap data dan informasi dengan berbagai cara dan level.
Pengamanan data dapat dilakukan dengan cara : pengaturan hak akses, penggunaan login dan password, firewall, enkripsi dan lain-lain.
Dan masih banyak lagi keuntungan, baik secara langsung maupun tidak dengan diterapkan jaringan komputer.
Tipe Jaringan Komputer
Ada dua tipe jaringan komputer, yakni:
1. Peer to Peer (Workgroup)
Dalam tipe ini, masing-masing komputer dalam jaringan memiliki kedudukan yang sama. Masing-masing komputer dapat berfungsi sebagai server (penyedia) dan client(pengguna).
Antar komputer dapat saling menggunakan dan menyediakan sumber daya sehingga dapat digunakan bersama. Jaringa jenis ini, biasanya diaplikasi pada jaringan skala kecil.
Implementasi jaringan peer to peer biasanya menggunakan sistem operasi windows ‘98/Me, walaupun windows yang lain juga dapat digunakan.
Keuntungan:
 Hemat Investasi, karena tidak diperlukan pembelian komputer dan perangat lunak untuk server yang harganya sangat mahal.
 Mudah diimplementasikan
Kekurangan:
 Sulit dalam manajemen jaringan, karena data, informasi, user yang disharing tersebar, tidak terpusat.
 Masalah keamanan.
2. Client Server
Pada jaringan client server, terdapat satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai server (penyedia layanan) yang melayani banyak komputer yang berfungsi sebagai client (pengguna layanan).
Pada jaringan tipe ini, ada pembedaan yang jelas mana komputer server dan mana komputer client.
Manajamen jaringan biasanya dilakukan secara terpusat, karena semua data, user dan password, informasi dan lain-lain tersimpan dalam komputer pusat (server).
Implementasi jaringan client server, untuk server dapat menggunakan sistem operasi windows 2000/2003 server, Unix, Linux. Sedangkan untuk client, dapat menggunakan sistem operasi apa saja.
Keuntungan:
 Manajemen terpusat
 Kemudahan perawatan
 Tingkat keamanan lebih tinggi
Kelemahan:
 Butuh investasi yang tidak sedikit untuk pembelian komputer server dan perangkat lunak (Misal: Sistem Operasi, Server Web dll) beserta lisensinya.
 Butuh tenaga ahli (System Administator)
Jaringan client server, dapat juga berfungsi seperti workgroup yakni dapat saling sharing file, informasi dan sumber daya komputer yang selajutnya dapat digunakan oleh komputer yang lain.
Beberapa Istilah dalam Jaringan Komputer
Berikut ini, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer :
1. Server
2. Client/Workstation
3. Sharing
4. StandAlone computer
5. Network Computer
6. LAN (Local Area Network)
7. WAN (Wide Area Network)
8. Wi Fi
9. Protocol
10. Network Operating System
Silahkan didiskusikan dengan pengajar anda penjelasan dari masing-masing istilah diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cool picture

cool picture
jefri