Where Are You? I find you!


Lokasi yang pernah mengunjungi
Wherever you are, Thanks for visit and attention :-)

Senin, 05 Juli 2010

Komponen Jaringan Komputer

Membangun jaringan komputer, tidak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan pemahaman tentang komponen jaringan baik dari sisi perangkat lunak (software) maupun dari sisi perangkat keras (hardware).
Perangkat lunak (software) jaringan komputer meliputi: Sistem operasi client, sistem operasi server (NOS=Network Operating System), Program Aplikasi untuk server dan client, Internet Sharing, Sofware antivirus dan lain-lain.
Sedangkan perangkat keras (hardware) jaringan meliputi: Komputer Server, Client/Workstation, Kartu Jaringan (NIC=Network Interface Card), Kabel, Konector, HUB, Repeater, Bridge dan Router.
Kedua komponen diatas harus ada, karena salah satu tidak ada maka jaringan komputer tidak dapat berfungsi dengan baik, atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.
Komponen Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak (Software) yang digunakan dalam jaringan komputer baik untuk server maupun client, antara lain:
1. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang membuat komputer dapat beroperasi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang pertama kali harus dipasang agar komputer dapat digunakan/dioperasikan.
Dalam jaringan komputer, sistem operasi untuk client berbeda dengan yang digunakan untuk server.
Untuk komputer client, OS yang digunakan : Windows Xp Prof, Win 2000 Proffesional, Win ‘98/Me, Linux.
Sedangkan untuk server, Network Operating System yang digunakan antara lain: Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Unix, Novell Netware dan Linux.
2. Program Aplikasi
Program aplikasi biasanya digunakan oleh komputer client untuk produktivitas kerja. Yang termasuk dalam program aplikasi antara lain : Microsoft Office, Open Office, Corel Draw, SPSS, Adobe Photoshop, adan lain-lain.
3. Aplikasi Jaringan
Aplikasi jaringan merupakan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk jaringan komputer, misal:
1. ISA Server, SQUID  Software untuk proxy server
2. MS SQL Server, MySQL, Oracle  Database Server
3. Qmail, Postfix, Ms Exchange  Mail Server
4. IIS, Apache  Web Server
5. Superscan, tcpdump, ethereal, windup, ping, route  utility untuk jaringan komputer.
6. dan lain-lain.
4. Program Utility
Program utility merupakan perangkat lunak yang yang digunakan untuk tujuan spesifik, baik untuk komputer standalone maupun untuk komputer jaringan.
Yang termasuk dalam kategori ini al: Winzip, winrar, winamp, antivirus, partition magic, dan lain-lain.
5. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna dapat membuat program/perangkat lunak sendiri. Macamnya antara lain: Pascal, C/C++, Visual Basic, VB.NET, C#, J#, C++.NET, Delphi, Java, PHP, ASP, JSP, Python, Ruby dan lain-lain.
Komponen Perangat Keras Jaringan Komputer
Perangkat Keras (hardware) adalah seperangkat komponen yang secara fisik dapat dilihat dan dipegang yang merupakan syarat dalam membangun jaringan komputer.
Yang termasuk dalam perangkat keras komputer antara lain:
1. PC Server
2. Workstation
3. Kartu Jaringan (NIC = Network Interface Card)
4. Kabel
5. HUB/Switch
6. Repeater
7. Bridge
8. Router

Pembasan secara detail untuk masing-masing komponen diatas, akan dibahas dalam bab tersendiri.
Untuk jaringan wireles (tanpa kabel) LAN komponen yang diperlukan antara lain:
1. Access Point
Access point berfungsi sebagai titik akses yang menghubungkan komputer-komputer ke dalam sebuah jaringan. Fungsi access point mirip HUB untuk jaringan kabel.
Sebuah access point biasanya dilengkapi dengan antena dan port RJ-45/ethernet. Berikut ini gambar access point.
Beberapa access point yang beredar dipasaran antara lain: Access point 802.11b, 802.11g, dan dual band yakni access point yang mendukung kedua standar diatas.
2. Wireless Lan Card
Adalah ethernet card wireless yang dipasang dislot PCI pada komputer. Agar komputer dapat terhubung ke jaringan tanpa kabel, pada komputer harus terpasang wireless card ini. Wireless card identik dengan Lan Card/Ethernet pada jaringan kabel.
Wireless Lan Card yang beredar dipasar antara lain: model 802.11b, model 802.11g, dan model dual band yang mendukung kedua standar.
3. Wireless PCMCIA
Adalah kartu jaringan yang digunakan untuk komputer jinjing (notebook).kartu ini dipasang pada slot PCMCIA pada notebook. Beberapa notebook keluaran terbaru sudah dilengkap dengan perangkat wireless LAN.
4. Wireless USB
Merupakan perangkat altenatif untuk wireless LAN. Wireless USB dapat digunakan sebagai pengganti wireless LAN dan wireless PCMCIA. Alat ini menggunakan port USB untuk komunikasinya, sehingga mudah untuk dipasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cool picture

cool picture
jefri